tips seputar ibu dan anak | kesehatan ibu dan anak

Rabu, 06 Januari 2016

Piring Kecil Membuat Anak-Anak Tidak Makan Berlebihan

Sekarang ini anak-anak sangat rentan sekali terkena obesitas. Tidak heran, karena anak-anak sekarang ini sudah dikenalkan dengan berbagai makanan kaya lemak dan juga garam yang sebetulnya tidak sehat untuk dimakan. Ditambah juga dengan anak-anak yang gemar mengkonsumsi makanan cepat saji dibandingkan dengan makanan rumah yang jauh lebih sehat. Setelah itu juga masih ditambah lagi cemilan tanpa kontrol dan juga kebiasaan hidup yang kurang gerak sehingga badan anak pun dapat naik dengan mudah tanpa bisa dihindari.

 Piring Kecil Membuat Anak-Anak Tidak Makan Berlebihan
 Piring Kecil Membuat Anak-Anak Tidak Makan Berlebihan

Sebetulnya untuk dapat mengatur anak-anak untuk tidak makan berlebihan itu cukup mudah. Karena temuan yang telah dimuat dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa, membiarkan anak mengambil makannya sendiri menggunakan piring yang lebih kecil akan membantunya untuk mengambil makanan dengan porsi yang tidak berlebihan. Hal ini bisa saja menjadi sebuah kebiasaan yang baik jika sering dibiasakan.

Sehingga anak akan lebih dapat mengontrol makanannya dan juga tidak makan secara berlebihan. Studi tersebut juga melibatkan 42 siswa. Dimana mereka diminta untuk mengambil makannya sendiri saat siang hari. Beberapa hari mereka makan menggunakan piring dengan diameter 7 perempat inci dan beberapa hari menggunakan piring dengan diameter 10 perempat inci. 

Hasilnya menunjukan bahwa saat anak-anak makan menggunakan piring yang lebih besar maka mereka akan menambah 90 kalori dalam makanan. Sementara itu saat piring kecil yang disodorkan maka anak-anak justru dapat memotong kalori hingga setenganya dari makanan yang diambil. Sehingga studi ini menunjukkan jika besarnya piring dapat mempengaruhi kontrol makanan pada anak-anak. Namun tetap yang paling penting adalah membiasakan anak-anak untuk makan dengan tidak berleihan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Piring Kecil Membuat Anak-Anak Tidak Makan Berlebihan

0 komentar:

Posting Komentar