tips seputar ibu dan anak | kesehatan ibu dan anak

Jumat, 02 Oktober 2015

Tips Mendidik Anak Agar Memiliki Karakter yang Baik

Tips Mendidik Anak Agar Memiliki Karakter yang Baik - Memiliki anak yang memiliki karakter yang baik dan penurut tentunya sangat diinginkan oleh setiap orang tua. Sebagai orang tua tentunya kita tidak bisa berharap anak kita menjadi orang yang baik dengan sendirinya tanpa perlu kita mengajarinya. Atau kita berharap memiliki anak yang baik karena kita merasa sebagai orang tua kita sudah memiliki sifat yang baik sehingga akan menular secara langsung kepada anak-anak kita. 

Tips Mendidik Anak Agar Memiliki Karakter yang Baik
Tips Mendidik Anak Agar Memiliki Karakter yang Baik

Anak tentunya memerlukan didikan yang baik agar bisa memiliki karakter yang baik. Mendidik anak memang tidak mudah. Untuk itu sangat diperlukan peran orang tua untuk memberikan pendidikan yang baik agar anak-anak bisa tumbuh dewasa menjadi anak yang baik. Untuk itulah sempatkan berinteraksi dengan anak sesering mungkin agar anak-anak kita bisa mendapatkan pendidikan karakter yang baik langsung dari kedua orang tua mereka.

Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan agar anak-anak anda bisa memiliki karakter dan juga kepribadian yang baik:

Berikan Contoh Teladan yang Baik Agar Anak Bisa Mencontoh
Anak-anak memiliki sifat alamiah meniru berbagai hal yang ada di sekitarnya. Untuk itulah dengan memberikan contoh teladan yang baik bagi anak sedini mungkin dengan memperlihatkan sifat yang baik, cara berperilaku yang baik, maka hal tersebut akan terekam pada otak anak hingga mereka beranjak dewasa nanti.

Jangan Memarahi anak Secara Berlebihan
Sebagai orang tua terkadang kita kehilangan kesabaran saat melihat tingkah laku anak kita yang kita anggap sudah sangat keterlaluan. Jika anda sedang berada pada titik tersebut, usahakanlah untuk tetap menekan emosi anda karena semakin sering anak mendapat marah, maka sangat besar kemungkinannya ia akan menjadi pribadi yang pemarah. Dengan memarahi anak juga akan membuat dia merasa terkucil. Jadi ingatlah walaupun anak sering membuat kita marah ataupun senanga, kita tetap memiliki kewajiban untuk mengajar dan juga mendidik mereka. Untuk itu berikanlah Contoh yang baik.

Tetap Sabar dan Jangan Menggunakan Kekerasan
Anak kecil biasanya memiliki rasa ingin tahu yang sangat kuat sehingga terkadang membuat mereka tidak mendengarkan apa yang kita katakan. Dalam posisi seperti ini kembali lagi sebagai orang tua anda harus sabar karena dengan memberikan tindakan kasar kepada mereka justru akan membuat mereka semakin memberontak.

Hormati dan Dengarkan Setiap Pendapat Anak
Anak-anak juga ingin dihargai dan didengarkan. Tempatkan mereka sebagai orang yang harus dihormati, jika mereka memiliki suatu pendapat maka tidak ada salahnya untuk didengarkan. Bahkan jika diperlukan ikutkan anak-anak agar terlibat dalam pengambilan keputusan yang ringan .

Tetap Tunjukkan Rasa Sayang Anda Walaupun sedang Memarahinya
Anda tetap harus menunjukkan rasa sayang anda walaupun anda sedang dalam posisi memarahhinya, agar anak anda paham bahwa walaupun sedang marah kasih sayang anda tetap tak dapat hilang sebagai orang tua
.
Intinya dalam menghadapi anak anda harus sabar dan juga tentunya harus selalu memberikan contoh yang baik karena anda adalah cermin bagi anak anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mendidik Anak Agar Memiliki Karakter yang Baik

0 komentar:

Posting Komentar