tips seputar ibu dan anak | kesehatan ibu dan anak

Rabu, 20 Januari 2016

Manfaat Bermain Puzzle Bagi Anak

Manfaat Bermain Puzzle Bagi Anak - Dunia anak adalah dunia bermain dan juga belajar. Anak akan lebih mudah menangkap apa yang diberikan jika dilakukan lewat permainan sehingga anak-anak bisa belajr sekalig bermain. Salah satu permainan yang cocok bagi anak-anak adalah jenis game yang bersifat edukatif seperti puzzle. Game pazzle merupakan permainan yang membutuhkan kesabaran dan juga ketekunan dalam merangkainya. Dengan membiasakan anak untuk bermain game puzzle maka lama-lama akan membuat anak terbiasa dengan sikap tekun, tenang dan juga sabar dalam menyelesaikan sesuatu. 

Manfaat Bermain Puzzle Bagi Anak
Manfaat Bermain Puzzle Bagi Anak

Selain itu juga kepuasan yang diperoleh saat bermain game puzzle merupakan salah satu pemicu motifasi untuk mencoba hal-hal yang baru. Game puzzle sudah dapat dimainkan oleh anak dengan usia 10 bulan, tentunya dengna kepingan gambar puzzle yang tidak terlalu susah. Anda bisa memulai dengan memperkenalkan anak dengan puzzle sederhana yang hanya terdiri dari sebuah kepingan puzzle saja misalnya gambar burung. Jadi si kecil akan memasukan satu buah kepingan  gambar burung tersebut ke dalam lubangnya. Dan tentunya semakin tinggi usia anak, maka semakin tinggi juga tingkat sesulitannya. Adapun beberapa manfaat dari permainan puzzle seperti

Manfaat bermain puzzle bagi anak:


  1. Meningkatkan kemampuan berpikir dan juga akan meningkatkan konsentrasi pada anak. Saat sedang bermain puzzle, anak akan melatih sel-sel otaknya untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya dan juga konsentrasinya agar dapat menyelesaikan potngan-potongna kepingan gambar tersebut.
  2. Melatih koordinasi tangan dan juga mata. Anak akan dapat melatih koordinasi tangan dan juga mata untuk mencocokkan kepingan-kepingan puzzle dan menyusunnya menjadi sebuah gambar.
  3. Meningkatkan keterampilan kognitif. Keterampilan kognitif sangat berkaitan erat dengan kemampuan untuk dapat belajar dan juga memecahkan masalah. Puzzle merupakan permainan yang menarik bagi anak balita karena anak balita pada dasaranya meyukai bentuk gambar dan juga warna yang menarik. Dengan bermain puzzle maka anak akan mencoba memecahkan masalah yaitu menyusun gambar.
  4. Anak jadi belajar bersosialisasi. Anak yang bermain bersama-sama pastinya butuh diskusi untuk merancang kepingan-kepingan gambar dari puzzle tersebut. Anak yang lebih besar akan merasa sengan jika dapat membantu anak yang lebih kecil, sebaliknya juga begitu sehingga akan tercipta sebuah suasana yang nyaman dan juga adanya interaksi ketika sedang bermain.
  5. Melatih kesabaran. Saat bermain puzzle anak akan bisa belajar melatih kesabarannya dalam menyelesaika tantangan yang dihadapi.
  6. Melatih daya ingat. Bermain puzzle juga dapat melatih daya ingat anak mengenai bentuk dan juga warna puzzle yang akan disusun. Anak juga kan mengingat gambar yang dilihat sebelum dia mulai untuk menyusunnya.
  7. Melatih nalar. Puzzle yang berbentuk manusia akan melatih nalar anak. Dimana anak akan menyimpulkan di mana letak kepala, kaki dan juga bagian tubuh lainnya sesuai dengan logika. Seperti jika sudah menaruh mata maka  di bawah mata ada hidung setelahnya mulut dan seterusnya.
Demikianlah beberapa manfaat dari bermain puzzle bagi anak. Anak jika diibartkan seperti sebuah kertas kosong dan sebagai orang tua kita yang memegan tinta untuk menulisnya. Semoga bermanfaat yah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Bermain Puzzle Bagi Anak

0 komentar:

Posting Komentar