tips seputar ibu dan anak | kesehatan ibu dan anak

Selasa, 29 Desember 2015

Duduk dengan Kaki Bentuk W Bisa Bahaya Untuk Anak

Sering sekali kita melihat anak-anak duduk di lantai dengan posisi kaki membentuk huruf W saat sedang bermain dengan teman-temannya. Hal ini terlihat biasa saja karena anak juga tidak pernah mengeluh kakinya sakit jika sedang duduk dengan posisi seperti ini. 

Padahal duduk dengan posisi w tersebut dapat menimbulkan resiko kesehatan bagi anak-anak. Ada beberapa bahaya atau masalah yang dapat menghinggapi anak-anak jika terlalu sering duduk dengan posisi duduk w seperti tersebut. 

Duduk dengan Kaki Bentuk W Bisa Bahaya Untuk Anak
Duduk dengan Kaki Bentuk W Bisa Bahaya Untuk Anak


Anak-anak merupakan sebuah masa pertumbuhan sehingga pada masa tersebut tulang pada anak-anak sedang bertumbuh dengan pesat. Nah pada masa seperti itu jika anak salah dalam melakukan posisi baik duduk, berjalan hingga tidur, maka dapat membuat pertumbuhan tulang manjadi tidak bagus sehingga postur tubuh menjadi tidak normal.

Jadi jika anak terbiasa duduk dengan posisi kaki membentuk huruf W, maka rotasi pinggul dalam dan predisposisi bisa dialami oleh anak. Karena saat sedang duduk pastinya anak tidak akan diam saja dan biasanya akan memutar badan ke kana maupun ke kiri, nah tulah yang memicu rotasi pinggul dalam. 

Sementara itu juga pihak ahli ostopedi sendiri juga mengingatkan untuk tidak membiarkan jika anak sedang duduk dengan posisi kaki w tersebut. Selain itu juga tulang kaki dapat berbentuk huruf X atau Genu Valgum jika berjalan. Untuk itu sebagai orang tua kita harus selalu memperhatikan anak kita dan jangan biarkan mereka untuk duduk dengan posisi w. Dan posisi yang sangat disarankan untuk duduk adalah dengan kaki selonjor atau miring dengan sisi yang sama atau mungkin dengan duduk bersila.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Duduk dengan Kaki Bentuk W Bisa Bahaya Untuk Anak

0 komentar:

Posting Komentar